Wednesday, July 13, 2011

Roh Kudus

Alkitab menyatakan kepada kita bahwa ada tiga macam manusia, yaitu:1. ORANG DUNIAWI (orang yang tidak/belum menerima Mesias)
"Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani." (I Korintus 2:14)


Orang yang dikuasai oleh diri sendiriSi Aku bertahta dalam hidup
Mesias di luar kehidupan
Semua keinginan dikuasai oleh diri sendiri, berakhir dengan kekacauan dan kekecewaan.

2. ORANG (KRISTEN) ROHANI (Orang yang telah menerima Mesias dan yang mau dipimpin oleh Roh Kudus)."Tetapi manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain."  (I Korintus 2:15)

law4.2.gif (4586 bytes) Orang yang dikuasai oleh MesiasMesias bertahta dalam hidup
Si Aku turun tahta
Semua keinginan dipimpin oleh Tuhan dan menghasilkan keserasian sesuai dengan rencana Tuhan.
3. ORANG (KRISTEN) YANG HIDUP DI DALAM TABIAT DUNIAWI (Orang yang telah menerima Mesias, tetapi tidak membiarkan Mesias menguasai hidupnya.)
"Dan aku, saudara-saudara, pada waktu itu tidak dapat berbicara dengan kamu seperti dengan manusia rohani, tetapi hanya dengan manusia duniawi yang belum dewasa dalam Mesias. Susulah yang kuberikan kepadamu bukanlah makanan keras, sebab kamu belum dapat menerimanya. Karena kamu masih manusia duniwi. Sebab jika di antara kamu ada iri hati dan perselisihan bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi dan bahwa kamu hidup secara manusiawi?" (I Korintus 3:1-3)
law4.5.gif (3K) Orang yang dikuasai oleh diri sendiriSi Aku bertahta dalam hidup
Kristus turun tahta
Semua keinginan dikuasai oleh diri sendiri, berakhir dengan kekacauan.

Yang manakah di antara ketiga macam manusia itu, yang menggambarkan kehidupan saudara? Apakah saudara ingin menjadi seorang Kristen rohani, yang dipenuhi dan dikuasai oleh Roh Kudus sekarang ini juga?
Berikut ini ada 4 kebenaran dasar yang dapat memberi tuntunan bagaimana saudara dapat menjadi seorang Kristen yang rohani, yang dipenuhi dan dikuasai oleh Roh Kudus.
1. Tuhan Allah Menyediakan bagi Kita Kehidupan Kristen yang Berkelimpahan dan yang Penuh dengan Buah-buah yang Baik
  • Isa berkata: "Aku datang supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan." (Yohanes 10:10)
  • Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barang siapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa." (Yohanes 15:5)
  • "Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai-sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemah-lembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu." (Galatia 5:22,23)
  • "Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." (Kisah Para Rasul 1:8)
SIFAT-SIFAT ORANG KRISTEN YANG ROHANI -
Hidupnya dikuasai  oleh Mesias
Rajin menyaksikan Mesias kepada orang lain
Rajin berdoa
Berlapar dan berdahaga akan firman Allah
Beriman
Taat kepada Allah
Kasih
Sukacita
Damai-sejahtera
Kesabaran
Kemurahan
Kebaikan
Kesetiaan
Kelemah-lembutan
Penguasaan diri

Seorang Kristen rohani memberikan dirinya dipimpin dan dikuasai oleh Tuhan Allah dan hidupnya disucikan oleh Sang Mesias dari saat ke saat. Ia mengerti akan tugas serta pimpinan Roh Kudus dalam hidupnya, sehingga ia mengeluarkan buah-buah yang baik.
Apakah sebabnya kebanyakan orang Kristen tidak memiliki hidup yang berkelimpahan dan penuh kebahagiaan itu?





2. Kebanyakan Orang Kristen Hidup dalam Tabiat Duniawi, Sehingga Ia Tidak Dapat Mengalami Hidup yang Berkelimpahan dan Penuh dengan Buah-buah yang Baik
Orang Kristen yang bertabiat duniawi itu terus menerus hidup di dalam kekalahan karena:
  1. Ia lupa dan tidak mengerti apa yang telah diperbuat dan diperintahkan Tuhan kepadanya (Roma 5:8-10; Ibrani 10:1-25; I Yohanes 1:9; II Petrus 1:9; Kisah Para Rasul 1:8)
  2. Ia hidup dalam kehidupan rohani yang maju-mundur.
  3. Ia sukar mengerti akan dirinya sendiri: ingin berbuat yang benar, tetapi tidak mampu.
  4. Ia tidak sanggup melakukan hal-hal yang dikehendaki Tuhan dari padanya, yaitu berdoa, bersaksi, mengasihi orang lain, dsb.
  5. Ia mempunyai kecenderungan untuk berbuat dosa, yang selalu berlawanan dengan kehendak Roh Kudus (I Korintus 3:1-3; Roma 7:15-24; 8:7; Galatia 5:16-18).

SIFAT-SIFAT ORANG KRISTEN YANG HIDUP DALAM TABIAT DUNIAWI

Kehidupan rohaninya maju mundur
Malas berdoa
Tidak ingin untuk membaca dan mempelajari Alkitab
Kehilangan kasih kepada Tuhan dan sesama
Cemburuan
Cemas
Tidak dapat menahan diri
Kecewa
Mencari hormat yang sia-sia
Selalu bimbang
Mempunyai sifat suka mengeritik
Suka mempertahankan peraturan yang sia-sia
Mudah putus asa
Iri hati
Orang Kristen yang memiliki sifar-sifat sedemikian itu hendaknya mengerti bahwa agaknya ia belum menjadi orang Kristen yang sungguh-sungguh Dan menyadari apa yang dikatakan di dalam I Yohanes 2:3; 3:6,9; Efesus 5:5). Clik di sini untuk menemukan bagaimana saudara yakin bahwa saudara orang Kristen.

Kebenaran dasar yang ketiga memberikan kita jalan keluar dari persoalan ini...
3. Isa Almasih Telah Menjanjikan Kehidupan yang Berkelimpahan dan yang Penuh dengan Buah-buah yang Baik itu Sebagai Hasil dari Hidup yang Dipenuhi Oleh Roh Kudus.
Kehidupan yang dipenuhi oleh Roh Kudus adalah kehidupan yang dipimpin dan dikuasai oleh Mesias, di mana Mesias hidup melalui hidup seseorang dengan kuasa Roh Kudus.(Johanes 15).

  • Seseorang menjadi orang Kristen oleh karena pekerjaan Roh Kudus, sesuai dengan Yohanes 3:1-8. Sejak kelahirannya secara rohani, maka orang Kristen itu telah didiami oleh Roh Kudus. (Yohanes 1:12; Kolose 2:9, 10; Yohanes 14:16, 17). Akan tetapi meskipun semua orang Kristen telah didiami oleh Roh Kudus, namun tidak semua orang Kristen dipimpin dan dikuasai oleh Roh Kudus.
  • Roh Kudus adalah sumber dari kehidupan yang berkelimpahan itu (Yohanes 7:37-39).

  • Roh Kudus datang untuk mempermuliakan Mesias (Yohanes 16:1-15). Jika seseorang dipenuhi oleh Roh Kudus, dia murid Mesias yang sejati. 

  • Di dalam pesan-Nya yang terakhir sebelum kenaikan-Nya ke sorga, Mesias menjanjikan kuasa Roh Kudus untuk memungkinkan kita menjadi saksi-saksi-Nya (Kisah Para Rasul 1:1-9).
Kalau begitu bagaimanakah seseorang dapat dipenuhi oleh Roh Kudus?
4. Kita Dipenuhi oleh Roh Kudus karena Iman; Hanya dengan Iman, Kita Dapat Hidup dalam Kelimpahan dan Mengeluarkan Buah-buah yang Baik, Sebagaimana Telah Dijanjikan oleh Mesias Bagi Setiap Orang Kristen.
Saudara dapat dipenuhi oleh Roh Kudus sekarang ini juga, jikalau saudara:
  • Mengakui segala dosa kepada Tuhan.Di dalam iman, bersyukurlah kepada Tuhan karena saudara telah memiliki keampunan dosa baik di masa lampau, sekarang ini maupun di masa yang akan datang, karena Mesias telah menyelesaikannya di kayu salib (Kolose 2:13-15; I Yohanes 1; 2:1-3; Ibrani 10:1-17).
  • Menyerahkan semua segi kehidupan kepada Tuhan (Roma 12:1, 2).
  • Dengan iman maka saudara akan dipenuhi oleh Roh Kudus. Ingatlah kedua hal ini:
    1. PERINTAH-NYA: hendaklah kamu penuh dengan Roh Kudus."Janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh" (Efesus 5:18)
    2. JANJI-NYA: Tuhan Allah mendengar doa kita, apabila kita berdoa sesuai dengan kehendak-Nya."Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita memeinta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya. Dan jika kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang kita minta kepada-Nya (I Yohanes 5:14-15)
Dengan iman, hendaklah saudara merendahkan diri dan berdoa......




Bagaimana Caranya Kita Berdoa dengan Iman Supaya Dipenuhi Oleh Roh Kudus?
Hanya dengan iman kita dapat dipenuhi oleh Roh Kudus. Doa adalah satu pernyataan iman dan Tuhan Allah lebih memperhatikan kesungguhan hati saudara pada waktu saudara berdoa. Berikut ini adalah satu saran doa:
"Ya Bapa, saya memerlukan Dikau. Saya mengaku bahwa selama ini saya telah mengatur diri sendiri tanpa Dikau dan oleh karena itu saya telah berdosa. Saya mengakui dosa-dosa saya dan sekarang ini saya minta agar Mesias menguasai dan bertahta dalam hidupku. Penuhilah saya dengan Roh Kudus sebagaimana PERINTAH-MU kepada saya dan sesuai dengan JANJI-MU di dalam Firman-Mu, bahwa Engkau akan melakukannya jikalau saya memohonkan dengan iman. Dan sekarang, ya Bapa, sebagai suatu pernyataan iman, saya mengucap syukur kepada-Mu karena Engkau telah memenuhi hidupku dengan Roh Kudus. Saya berdoa dalam Nama Isa Sang Juruselamat. Amin."
Apakah doa ini menyatakan keinginan hati saudara? Jikalau demikian, ucapkanlah doa ini sekarang juga supaya Roh Kudus memenuhi hati dan hidup saudara sebagaimana telah dijanjikan-Nya.

Bagaimana Saudara Dapat Mengetahui Bahwa Saudara Telah Dipenuhi dengan Roh Kudus

Apakah Saudara telah meminta agar Tuhan Allah memenuhi hati saudara dengan Roh Kudus? Apakah saudara jujur dalam hal ini? Apakah saudara sekarang telah dipenuhi dengan Roh Kudus? Berdasarkan apakah saudara mengetahui hal ini?
(Berdasarkan kesetiaan Tuhan Allah atas janji-Nya dan Firman-Nya, Ibrani 11:6; Roma 14:22, 23)
Janganlah bergantung pada perasaan saudara. Melainkan bersandarlah pada janji Tuhan. Orang Kristen hidup karena imannya kepada Tuhan dan firman-Nya. Bagan kereta api di bawah ini menggambarkan hubungan antara KENYATAAN (Tuhan dan Firman-Nya), IMAN (kepercayaan kita kepada Tuhan dan firman-Nya) dan PERASAAN (akibat dari iman dan ketaatan kita kepada Tuhan) (Yohanes 14:21)


Kereta api dapat terus berjalan dengan atau tanpa gerbong penumpang, asal saja batubara dimasukkan ke dalam lokomotif. Sebaliknya, adalah mustahil untuk menjalankan kereta api dengan bergantung pada gerbong penumpang, karena gerbong penumpang ini sama sekali tidak mempunyai tenaga penggerak. Demikian pula sebagai seorang Kristen, janganlah kita bergantung pada perasaan, melainkan hendaklah sebagai orang Kristen, janganlah kita bergantung pada perasaan, melainkan hendaklah iman kita didasarkan pada kesetiaan Tuhan dan janji-janji di dalam firman-Nya.

Bagaimana Berjalan dalam Roh kudus
IMAN (yaitu ketaatan akan Allah dan firman-Nya) merupakan syarat mutlak bagi orang Kristen untuk dikuasai sepenuhnya oleh Roh Kudus. Jadi, apabila saudara taat kepada Mesias saat demi saat, maka:
  1. Hidup saudara akan menghasilkan buah Roh (Galatia 5:22,23); dan makin hari makin menyerupai Mesias (II Korintus 3:18; I Yohanes 3:2)
  2. Saudara akan lebih menghayati arti doa dan Firman Tuhan (Yohanes 15:7).
  3. Saudara akan memperoleh Kuasa Tuhan dalam bersaksi (Kisah Rasul 1:8)
  4. Saudara akan siap-siaga dalam peperangan rohani melawan dunia ini (I Yohanes 2:15-17), keinginan daging (Galatia 5:16,17) dan Iblis (I Petrus 5:7-9; Efesus 6:10-13)
  5. Saudara akan mengalami Kuasa Alllah dalam mengatasi pencobaan dan dosa (I Korintus 10:3; Filipi 4:13; Efesus 1:19-23; 6:10; II Timotius 1:7; Roma 6:1-16).

Pernapasan Rohani
Dengan iman, Saudara dapat terus menerus mengalami kasih dan pengampunan Allah:
Walaupun saudara sedang berjalan dalam Roh Kudus, namun apabila saudara teringat, bahwa ada segi kehidupan saudara yang tidak memuaskan hati Tuhan (baik dalam sikap hati, maupun dalam tindakan), hendaknya saudara mengucap syukur, bahwa Allah telah mengampuni dosa saudara pada masa lalu, sekarang dan masa yang akan datang oleh karena kematian Mesias di atas kayu salib. Kemudian, dengan iman hendaknya saudara berpegang teguh pada kasih dan pengampunan Allah; lalu terus-menerus hidup dalam persekutuan dengan Dia.
Apabila saudara merebut kembali tahta kehidupan saudara karena jatuh dalam dosa, hendaknya saudara melakukan pernapasan rohani.

Pernapasan Rohani adalah latihan iman yang memungkinkan saudara senantiasa mengalami kasih dan pengampunan Allah dari saat ke saat:

1. Menghembuskan napas - mengeluarkan udara kotor: mengaku dosa, sesuai dengan I Yohanes 1:9. Pengakuan dosa meliputi pertobatan, yaitu perubahan dalam sikap hati dan tidakan.
2. Menarik napas - menghirup udara yang bersih: menyerahkan kembali tahta kehidupan saudara kepada Mesias dan menerima kepenuhan Roh Kudus, dengan iman. Yakinlah, bahwa sekarang Roh Kudus mengendalikan hidup saudara, sesuai dengan perintah-Nya dalam Efesus 5:18 dan janji-Nya dalam I Yohanes 5:14,15

Jikalau isi buku kecil ini benar-benar telah bermanfaat bagi saudara, harap saudara menceritakannya kepada saudara-saudara yang lain.

Jutaan copy dari buku "Sudahkah saudara mengalami kebahagiaan hidup dalam Pimpinan Roh Kudus" telah didistribusikan ke seluruh penjuru dunia dalam berbagai bahasa. Sebagai hasilnya, ribuan orang Kristen telah belajar bagaimana mengalami  kuasa dan pimpinan Roh Kudus dari saat ke saat. Melalui hidup yang berkelimpahan sebagaimana yang dijanjikan Sang Mesias, dan sebagaimana mereka telah mengalaminya, mereka dapat menyaksikan iman mereka kepada orang lain secara lebih efektif. Pengalaman telah menegaskan kebenaran perintah Mesias kepada para murid-Nya untuk menunggu sampai mereka dipenuhi oleh Roh Kudus sebelum pergi keseluruh dunia menceritakan kabar baik tentang kasih dan pengampunan-Nya. Sebagian besar orang-orang Kristen, setelah belajar akan kebenaran bagaimana dipenuhi Roh Kudus, ingin secara aktif menceritakan Mesias dan menggenapkan Amanat Agung dalam generasi ini.


Dikutip dari GREAT COMMISSION Bahasa Indonesia

No comments:

Post a Comment