Tuesday, July 19, 2011

The Spirit

“The Spirit”
Kotbah dari Daniel Januar Tanudjaja

Yohanes 16 : 7 - 15
Ay 7 = Namun benar apa yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kapadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.
Allah Roh Kudus adalah pribadi Tuhan dalam konsep Tritunggal. Allah Roh Kudus (Ibrani: Ruah haqodesh) hanya dipercayai oleh umat Kristiani dan adalah Pribadi penolong yang memimpin kita, yaitu Roh (Yunani: pneuma) yang dijanjikan oleh Yesus sebelum kenaikan-Nya ke surga (Kisah 1:6-9). Menurut alkitab, seorang yang percaya kepada Yesus, dia memiliki Roh Kudus di dalam dirinya. Roh Kudus berfungsi sebagai penolong, pemimpin, penghibur, dan teman yang setia. Roh Kudus menuntun orang percaya agar hidup sejalan dengan kehendak Tuhan.

Mengapa Roh Kudus Diberikan Kepada Kita?
1.Untuk Insafkan Dunia Akan Dosa.
Ay. 8 = Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman.
Selain menginsafakan dunia akan dosa, Dia pun menyadarkan kita akan kehadiran-Nya dan karya-Nya. Ketika Roh Kudus diutus kepada kita, tugas utam-Nya yang berhubungan dengan pemberitaan Injil adalah menginsafkan dunia. Kita tahu bahwa Roh Kuduslah yang membawa kita percaya kepada Yesus. Dia juga yang memampukan kita menjalani hidup sesuai dengan kehendak-Nya. Roh Kudus tinggal di dalam diri setiap orang Kristen sejati. Sebab tercatat di dalam alkitab bahwa setiap tubuh orang Kristen adalah Bait Suci tempat tinggal Roh Kudus (1 Korintus 3:16). Roh Kudus digambarkan sebagai 'Penghibur' atau 'Penolong' (paracletus dalam bahasa Latin, yang berasal dari bahasa Yunani, parakletos), dan memimpin mereka dalam jalan kebenaran. Karya Roh Kudus di dalam kehidupan seseorang dipercayai akan memberikan hasil-hasil yang positif, yang dikenal sebagai Buah Roh. Roh Kudus pun mengajarkan kita untuk membedakan yang baik dan yang jahat. Itulah sebabnya Roh Kudus mempunyai peran yang sangat penting untuk menginsafkan dunia akan dosa.

2.Untuk Membawa Kita Kepada Seluruh Kebenaran.
Ay. 13 = Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Yohanes 14:16-17 = Aku akan meminta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang penolong yang lain, supaya Dia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, Sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.
Selain menginsafkan orang-orang yang belum di selamatkan akan dosa mereka, Roh Kudus pun berkarya di dalam kehidupan orang-orang percaya untuk mengajar, mendidik, membetulkan kesalahan dan menuntun mereka kepada kebenaran yang sejati yaitu firman Allah. Tidak satu pun pribadi di atas muka bumi ini yang bisa mengerjakan apa yang Roh Kudus kerjakan. Seorang hamba Tuhan mengatakan: “Dia adalah pribadi yang sangat penting di atas muka bumi ini dan Dia adalah Roh dari Sang Raja yang di berikan kepada kita. Dia adalah berkat dari pada Bapa di Sorga yang di berikan kepada gereja-Nya untuk mempersiapkan dan mununtun mempelai-Nya.

3.Untuk Memberikan Hikmat dan Wahyu.
(Ay. 15) = Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; Sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.
Roh Kudus adalah satu pribadi yang akan memberi kepada kita kemampuan, pengertian dan hikmat untuk dapat mengenal Dia lebih lagi. Dan Roh Kudus akan memenuhi kehidupan kita sebagai manusia rohani yang mengalirkan air kehidupan.
Apabila Roh Kudus masuk dan tinggal di dalam kita, maka jiwa kita akan di terangi oleh kuasa-Nya sehingga kita bisa mengenal kehendak-Nya. Semua itu bisa kita alami apabila kita memiliki hubungan bersama Dia yang memberikan hikmat yang mampu mengubah kehidupan kita.
Efesus 1:17&18 Dan meminta kepada Allah Tuhan kitaYesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar.
Hanya lewat keintiman kita bisa menerima pewahyuan. Karena sumber pewahyuan datang dari Tuhan yang membuat kita mengerti banyak hal yang belum disingkapkan. Setetes hikmat dari Sorga, akan mengubah seluruh aspek kehidupan kita. 1 Petrus 1 : 12–13

4.Untuk Memuliakan Dia
Ay. 14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku
Hikmat dan wahyu itu dibukakan kepada kita supaya kita mengenal Dia dan memuliakan Dia dan membawa kita kedalam penyembahan yang benar. Penyembahan yang benar bukan di ukur dari musik yang bagus dan suara yang bagus, tetapi penyembahan yang benar adalah gaya hidup kita yang meresponi firman-Nya dengan benar oleh pimpinan Roh Kudus.

5.Roh Kudus Membawa Kehidupan.
Roma 8:1-4 Di samping itu yang perlu kita mengerti, bahwa Roh Kudus akan memimpin kehidupan orang percaya bukan menurut daging tetapi menurut kehendak Roh. Sebab siapa yang hidup menurut daging memikirkan hal-hal yang dari daging dan siapa yang hidup dipimpin oleh Roh akan memikirkan hal-hal yang dari Roh. Dan keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah dan mereka yang hidup dalam daging tidak mungkin berkenan di hadapan Allah.
Waktu Allah menciptakan Adam, Dia menghembuskan Roh yang memberikan kehidupan. Apabila Roh Kudus ada di dalam kita, maka kita adalah kepunyaan Kristus dan kita tidak lagi hidup di bawah hukuman melainkan memperoleh kemerdekaan di dalam Dia.

No comments:

Post a Comment